images1

Articles

Main Content

Diagnosis Mandiri untuk Skoliosis

Bisa dipahami bahwa orang tua merasa sedikit terganggu jika yakin anaknya mengalami skoliosis, namun demikian, sangat penting jika mengetahui perbedaan antara swa-diagnosis dan diagnosis dokter.

Skoliosis adalah masalah kesehatan tulang belakang yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan stres hebat pada penderitanya. Tulang belakang yang melengkung bisa mempengaruhi anak-anak muda sejak usia dini secara relatif, dan menimbulkan perasaan minder dan cemas. Inilah sebabnya begitu banyak orang memilih memeriksakan tulang belakang sedini mungkin. Artikel ini menyoroti cara-cara yang digunakan dalam pemeriksaan skoliosis, dan bagaimana Anda bahkan bisa mencoba melakukan pemeriksaan mandiri sebagaimana dilakukan ahli kesehatan. Harus diperhatikan bahwa jika memilih salah satu proses pemeriksaan mandiri, penting untuk meminta nasehat dari ahli kesehatan. Nasehat semacam ini tidak pernah bisa digantikan oleh penilaian Anda, maka penting sekali menindak lanjuti proses pemeriksaan mandiri dengan mengunjungi dokter setempat jika Anda peduli terhadap skoliosis.

Skoliosis bisa sangat mempengaruhi kelenturan tubuh, dan bahkan, jika kasusnya lebih parah, mempengaruhi gerak bebas penderita. Ini bisa sangat mengganggu dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mental pasien. Karena prinsipnya skoliosis adalah lengkungan abnormal tulang belakang, relatif mudah untuk mengetahuinya jika terjadi. Jika punggung orang dilihat dari arah sedikit atas atau, sebaiknya langsung dari atas, lengkungannya akan jelas terlihat.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk anak Anda adalah pemeriksaan fisik. Dokter tentu saja menjadi tempat tujuan pertama yang disarankan dari aspek program perawatan, dan sebaiknya Anda sendiri pergi ke dokter untuk konsultasi awal ini. Namun, setelah menyadari bahwa semua ini nampak jelas dan terjadi lengkungan ke depan sebelum pemeriksaan medis, Anda bisa mengerti bagaimana ini bisa dilakukan di rumah.

Prinsipnya, dokter akan mencari variasi-variasi abnormal apabila menyangkut panjang dan lengkungan tulang belakang. Anak-anak khususnya mudah diperiksa, karena dampak skoliosis sangat mudah terlihat pada tubuh yang lebih muda, dan karena itu anak-anak sering diperiksa di sekolah. Atas izin orang tua, anak-anak diperiksa. Karena rasa tidak nyaman dan tegang sering merupakan tanda-tanda umum skoliosis saat penderita membungkuk, agak mudah untuk memperhatikan apa yang menjadi tanda potensial masalah ini. Orang tua memang harus terlibat dan acapkali perlu sendiri memeriksa anaknya. Bisa saja ini agak menggangu bagi anak-anak, namun seringkali lebih baik bila diperiksa sejak dini.

Setelah suatu kasus yang diduga skoliosis dinyatakan posetif oleh dokter (atau jika Anda merasa mengalami masalah ini), maka penting bahwa tahap berikutnya adalah melakukan tindak-lanjut secepat mungkin. Saat inilah sinar-X (ronsen) berperan.

Mendapat foto ronsen sangatlah penting jika ingin memastikan apakah ada kasus skoliosis atau tidak. Seperti bisa Anda pahami, jika kondisi seperti itu dicurigai, foto ronsen perlu dilakukan untuk mendukung pemeriksaan. Ini adalah cara terbaik memperoleh gambaran jelas dan akurat tentang keadaan lengkungan tulang belakang. Foto ronsen tidak bisa Anda lakukan di lingkungan rumah, jadi merupakan tahap berikutnya yang paling pasti setelah pemeriksaan awal. Jadi, jika sedang dalam tahap pemeriksaan tulang belakang anak, misalnya, dan Anda menduga kasus skoliosisnya jelas, langkah berikut adalah memakai teknologi sinar-X untuk memperoleh gambaran lengkap dan jelas.

Diagnosis lengkap hanya bisa dilakukan setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik, dan didukung dengan foto ronsen. Ditambah lagi dengan riwayat kesehatan lengkap, maka Anda memiliki hasil diagnosis lengkap mengenai skoliosis tulang belakang.

Riwayat kesehatan merupakan bagian penting dari gambar ronsen. Setelah dokter memperolehnya bersama faktor-faktor lain, ia bisa melakukan diagnosis lengkap. Selanjutnya pengobatan bisa dimulai.

Tindakan pengobatan hanya akan diberikan jika lengkungannya dianggap signifikan. Artinya, lengkungan jelas terlihat dan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita sehingga kelak akan melemahkannya jika tidak dilakukan diagnosis. Ukuran standar yang dianggap ‘signifikan’ adalah jika lengkungannya 25 derajat.

Jadi, begitulah keadaannya. Ambil kesempatan ini untuk memeriksa skoliosis di rumah. Tidak ada yang salah dalam hal ini. Bahkan, banyak kondisi medis didiagnosis atau paling tidak dicurigai lebih dahulu sebelum ahli kesehatan didatangi. Namun, seperti dijelaskan artikel ini, mendapat diagnosis lengkap dari dokter akan membantu menilai berat-ringannya masalah, dan karena itu beralih ke tahap pengobatan.

Jika yakin anak Anda mengalami skoliosis, seharusnya tidak terlalu sulit untuk memperhatikannya sebagaimana Anda mengurusi mereka. Namun terapi medis umum, di negara mana pun, tidak selalu terjamin. Ingat bahwa 250 adalah ukuran standar umum bagi kebanyakan praktisi dan penyedia perawatan kesehatan, dan jika kurvatur anak Anda di bawah itu, pengobatan alternatif bisa menjadi pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

subscribe

JOIN OUR MAILING LIST.

Be the first to learn about health and scoliosis research and special events.