images1

Articles

Main Content

Latihan yang Perlu Dihindari Jika Anda

Satu kesalahpahaman umum bagi penderita masalah punggung seperti skoliosis yaitu mereka harus menghindari kegiatan fisik apa pun. Sebenarnya, ada beberapa latihan tertentu yang membantu mengurangi nyeri ini yang terkait dengan skoliosis dan ditandai dengan lengkungan abnormal dan menyamping pada tulang belakang. Pasien skoliosis harus menghindari beberapa gerakan tubuh, yang akan memperburuk kondisi dan rasa sakitnya.

Latihan yang berdampak besar membutuhkan kedua kaki terangkat dari tanah secara bersamaan. Misalnya melompat, berlari, dan lompat tali. Kegiatan atau latihan berdampak besar memang memperkuat tulang dan membangun lebih banyak kekuatan, daya tahan, ketangkasan serta koordinasi ketimbang kegiatan berdampak kecil, tetapi simpan dulu hal ini untuk program berikutnya setelah lengkungan Anda berkurang hingga di bawah dua puluh derajat, dan ketika Anda sudah terbiasa dengan rutinitas dalam program latihan.

Saat melakukan aktivitas yang disebutkan, jika ada kelainan yang secara visual menjadi semakin buruk, latihan semacam itu harus segera dihindari. Hindari jenis latihan menekuk punggung seperti posisi “Prone Cobra” dalam yoga. Ini bisa menyebabkan ketegangan serius pada tulang belakang dan bisa memperburuk masalah Anda.

Beberapa Latihan untuk Disimak

Angkat Beban

Andaikan Anda sedang mengalami skoliosis, kurva pada tulang belakang mungkin menarik otot-otot di punggung dan bergerak ke berbagai arah. Ini berarti latihan angkat beban tradisional akan lebih menyakitkan dan memberikan tekanan pada punggung, terutama jika Anda menggunakan beban berat.

Punggung Menekuk – Yoga

Menurut situs Metoda Scroth, beberapa postur yoga akan menimbulkan nyeri ketika memberi tekanan berbahaya pada punggung penderita skoliosis. Dan ini mencakup pose yang mengharuskan Anda menekuk badan ke belakang, seperti kobra, menelungkup dan melengkungkan punggung dengan mengangkat dada menjauh dari lantai.

Cakra merupakan salah satu postur yang perlu dihindari, demikian nasihat situs web Scroth Method. Dan termasuk pose ini adalah berbaring telentang dan sambil bertumpu pada tangan dan kaki Anda menaikkan punggung sehingga tubuh membentuk U. Dianjurkan agar berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mulai berlatih yoga dan memberitahukan keadaan Anda kepada pelatih yoga sehingga tidak perlu berlatih sikap yoga yang merugikan.

Jongkok dan Lompat Katak

Berbagai latihan yang bekerja pada tubuh bagian bawah akan memberi tekanan pada punggung yang bermasalah. Beberapa di antaranya adalah lompat katak, jongkok-berdiri, dan gerakan yang menekan jaringan tendon di belakang lutut. Latihan-latihan ini untuk menguatkan otot dan bekerja pada tulang belakang serta kelompok otot sasaran. Perlu Anda hindari latihan tubuh bagian bawah yang menimbulkan nyeri punggung dan meminta pelatih Anda variasi lain yang bisa dilakukan saat duduk dan berbaring sehingga mengurangi tekanan pada punggung.

Tegak Bertumpu pada Bahu

Pada posisi bertumpu pada bahu, kepala ditekuk jauh ke depan sehingga terjadi peregangan berlebih pada otot-otot leher. Ini akan medorong posisi kepala ke depan dan kifosis servikal. Lebih lanjut, seluruh beban tubuh bertumpu pada leher, dan akan sangat menambah formasi punuk tulang rusuk.

Latihan Memuntir Tubuh

Segmen pusat, benjolan tulang rusuk, tenggelam ketika memuntir ke arah belakang menuju lengkungan yang ada, tidak peduli apakah puntirannya pada sisi kanan atau kiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

subscribe

JOIN OUR MAILING LIST.

Be the first to learn about health and scoliosis research and special events.