images1

Articles

Main Content

Rasa Sakit Paska Operasi Misterius pada Kasus Skoliosis Remaja

Rasa sakit misterius sesudah enam bulan masa paska operasi terjadi pada 7% pasien yang melakukan pembedahan untuk skoliosis idiopatik remaja (Adolescent Idiopathic Scoliosis/ AIS), menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada Spine edisi 1 Oktober.

Tracey P.Bastrom dari Rumah Sakit Anak-anak Rady di San Diego beserta sejumlah kolega meninjau data dari sebuah catatan prospektif untuk mengidentifikasi pasien pembedahan AIS dengan minimal dua tahun penanganan dan skor dua tahun Komunitas Penelitian Skoliosis (Scoliosis Research Society/ SRS). Hasil dari 22 kuisioner SRS dibandingkan dengan rasa sakit yang dikeluhkan pasien atau tidak pada tim pembedahan/ dokter paska operasi.

Para peneliti menemukan bahwa dari sekitar 584 pasien yang memenuhi syarat, 11% di antaranya mengeluhkan rasa sakit yang kadang muncul pada dua minggu dan dua tahun paska operasi. 48 pasien mengeluhkan rasa sakit antara enam dan 24 bulan paska operasi, 41 lainnya (7% dari jumlah keseluruhan) tidak mengetahui penyebab rasa sakit mereka. Mereka juga mengalami penurunan skor dua tahun SRS secara signifikan dalam hal Rasa Sakit, Imaji Diri Sendiri, Kesehatan Mental, dan Total skor yang harus dirujuk ke terapi fisik, spesialis rasa sakit, atau penanganan lebih lanjut yang berjumlah 26 dari 41 kasus. Terdapat rasa sakit yang lebih hebat secara signifikan pada pasien dengan rasa sakit paska operasi, jadi bagi kelompok ini skor rasa sakit SRS baik sebelum maupun sesudah operasi tidak mengalami perubahan signifikan.

“Studi untuk penyebab rasa sakit pada AIS dan pengetahuan serta ekspektasi paska operasi pada kelompok ini dijamin akan membawa dampak positif, khususnya karena secara umum pasien sesudah pembedahan AIS merasakan lebih sedikit rasa sakit,” tulis pengarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

subscribe

JOIN OUR MAILING LIST.

Be the first to learn about health and scoliosis research and special events.